Jurnal Pendidikan Transformatif
Vol. 1 No. 1 (2022): Oktober 2022

Diskursus Agama dan Pancasila: Meneguhkan Pancasila dalam Kebhinekaan Indonesia

Fitria Eriyanti Putri (Universitas Insan Pembangunan Indonesia, Indonesia)
Masduki Asbari (Universitas Insan Pembangunan Indonesia, Indonesia)
Fatrilia Rasyi Radita (Universitas Insan Pembangunan Indonesia, Indonesia)
Dewiana Novitasari (Universitas Insan Pembangunan Indonesia, Indonesia)
Agus Purwanto (Universitas Pramita Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui relasi antara Agama dan Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada laporan studi ini digunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan simak catat dari channel Youtube TVNU (Televisi Nahdlatul Ulama) mengenai Agama dan Pancasila yang dipaparkan oleh Gus Muwafiq. Hasil studi ini menyebutkan bahwa hubungan Agama dan Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa, menegaskan bahwa negara Indonesia bukan negara yang berdasarkan suatu agama tertentu, dan bukan pula negara yang memisahkan agama dan negara. Negara yang berketuhanan Yang Maha Esa menempatkan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai jiwa bagi keutuhan Negara Kesatuan Rupublik Indonesia. Pancasila juga bisa disebut sebuah konsep hidup bersama yang mewakili kesadaran seluruh masyarakat Indonesia, kesadaran yang paling tinggi adalah kesadaran teologi, dan kesadaran teologi itu terwakili di dalam Ketuhanan Yang Maha Esa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Education Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jupetra- Jurnal Pendidikan Transformatif (e-ISSN:2963-3176) adalah Jurnal jurnal peer-review yang diterbitkan oleh YAYASAN AYA SOPHIA INDONESIA pada tahun 2022. Kami menerbitkan makalah penelitian asli, artikel review dan studi kasus berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan ...