Media Agribisnis
Vol 6 No 2 (2022): November

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat dalam Mengonsumsi Produk Rempah (Jamu) pasca Pandemi

Melyana Febryantari Wardana (Universitas Islam Malang)
Titis Surya Maha Rianti (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2022

Abstract

Produk rempah (jamu) dinilai mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena khasiatnya. Hal ini menyebabkan permintaan obat herbal meningkat di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam mengonsumsi produk rempah pasca pandemi. Peneliti melakukan penelitian di kota Malang. Sampel yang dipilih menggunakan metode convenience sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Jenis data ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Kuesioner dinilai menggunakan skor likert kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh, nilai Adjusted R Square (R2) sebesar 88,5%, maka semua variabel dapat menjelaskan pengaruh terhadap keputusan konsumsi pada produk rempah. Faktor yang berpengaruh signifikan antara lain pendapatan (x1), kelas sosial (x3), motivasi (x5), lokasi (x8), waktu (x9), aroma (x12), tekstur (x13), dan harga (x14), sedangkan faktor yang tidak berpengaruh signifikan antara lain variabel pekerjaan (x2), tradisi (x4), persepsi (x6), kesehatan (x7), bentuk (x10), dan rasa (x11). Mengetahui faktor-faktor tersebut akan menghasilkan rekomendasi bagi produsen untuk meningkatkan penjualannya, terutama dalam menerapkan strategi pemasaran produk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Agribisnis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Media Agribisnis has a focus to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original research articles or review articles related to the agriculture fields. It is open access and peer-reviewed journal, published by Faculty of Agriculture, Muhammadiyah ...