AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan proses dan hasil dari pelaksanaan validasi produk terhadap pengembangan bahan ajar audiovisual berbasis website materi teks hikayat siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Hasil penelitian ini adalah dilaksanakannya tahapan proses produk dengan model pengembangan yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) Perbaikan Desain, dan 6) Revisi Produk dan pada hasil validasi ahli mencapai total persentase 96% , hasil validasi ahli media dengan persentase 94%, validasi website oleh validator ahli IT dengan hasil 96% (penggunaan mobile) dan 99% (penggunaan desktop), serta validasi akhir yaitu hasil penilaian dari guru bahasa Indonesia yang menunjukkan persentase sebesar 96%, semua hasil penilaian tersebut termasuk dalam kategori penilaian “Sangat Baik‟.Kata kunci: Pengembangan, bahan ajar, audiovisual, website
Copyrights © 2022