Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi
Vol 11, No 2 (2022): Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi

Analisis uas biologi kelas x dengan teori tes klasik dan item response theory (rasch model)

Sri Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Analisis soal merupakan suatu proses untuk menguji kualitas setiap item soal. Analisis soal UAS Biologi Kelas X ini bertujuan untuk menguji kualitas soal ujian akhir semester genap kelas X mata pelajaran biologi pada tahun pelajaran 2019/2020. Analisis ini menggunakan teori tes klasik yang dilakukan dengan program Microsof Excel dan item response theory dengan menggunakan model Rasch. Kualitas item soal yang diuji meliputi tingkat kesukaran, daya pembeda soal, efektifitas distractor, validitas dan reliabilitas. Soal berjumlah 40 butir pilihan ganda yang diujikan kepada 41 siswa. Terdapat perbedaan hasil analisis dengan CTT dan Model Rasch. Hasil analisis dengan CTT menunjukkan tingkat kesukaran terdapat dua kategori;  daya pembeda 5 kategori; efektifitas distraktor yang berfungsi 72,5% dan yang tidak berfungsi 27,5%; validitas butir soal yang valid 65% dan tidak valid 35%; reliabilitas soal secara umum adalah reliabel dengan kategori sangat tinggi (nilai r11=0,855). Analisis dengan model Rasch  menunjukkan tingkat kesukaran terdapat tiga kategori; daya pembeda 3 kategori; efektifitas distraktor yang berfungsi 85% dan yang tidak berfungsi 15%; validitas butir soal yang valid dan tidak valid seimbang yaitu 50%; reliabilitas item sebesar 0,79 (cukup) dan reliabilitas person 0,82 (bagus). 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Bio-Pedagogi. Jurnal Pembelajaran Biologi adalah jurnal yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Jurnal Bio-Pedagogi akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pembelajaran biologi. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ...