JURNAL DIVERSITA
Vol. 8 No. 2 (2022): JURNAL DIVERSITA DESEMBER

Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Inklusi Tentang Pendidikan Inklusif Melalui Psikoedukasi

Natassa R. Tejena (Universitas Airlangga)
Nur Ainy Fardana Nawangsari (Universitas Airlangga)
I Made Rustika (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Sekolah Inklusi merupakan sekolah di mana siswa berkebutuhan khusus belajar di kelas yang sama dengan siswa reguler dan diberi dukungan yang mereka butuhkan untuk berhasil baik dalam kegiatan akademik, sosial, dan ekstra kurikuler. Untuk mencapai keberhasilan tersebut, sekolah inklusi memerlukan kerjasama seluruh pihak sekolah untuk memodifikasi program pendidikan agar sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Sayangnya, belum semua sekolah inklusi dapat berjalan dengan efektif karena keterbatasan pemahaman guru tentang pendidikan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai pendidikan inklusif sehingga sekolah dapat menerapkan pendidikan inklusif dengan lebih efektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan metode ceramah, diskusi kasus, dan tanya jawab. Pemahaman guru terhadap pendidikan inklusif diukur menggunakan pretest dan posttest terkait materi pendidikan inklusif. Hasil uji analisis Wilcoxon menunjukkan angka signifikansi 0.012 (p<0.05) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman peserta sebelum dan sesudah diberikan psikoedukasi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa psikoedukasi dapat meningkatkan pemahaman guru tentang pendidikan inklusif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

diversita

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Journal Diversita is an open access, interdisciplinary journal for the rapid publication of original articles and reviews that focus on basic research in all areas of Biomarkers. The journal is broad scoped and considers topics from all related subjects of perception, cognition, attention, emotion, ...