Cakrawala Management Business Journal
Vol 5 No 2 (2022): Cakrawala Management Business Journal

ANALISIS RANTAI PEMASARAN KOMODITI IKAN ASIN DI KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT

Bagio Bagio (Universitas Teuku Umar)
Hamni Saputri (Universitas Teuku Umar, Aceh Barat)
Akhmad Baihaqi (Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh,)
Rahmaddiansyah Rahmaddiansyah (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis rantai pemasaran komoditi ikan asin di Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat dan rantai pemasaran mana yang paling efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengrajin yang melakukan pengolahan ikan di Kuala Bubon dan Gampong Teungoh Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat yaitu 20 orang dari 20 industri, teknik pengambilan sampel dengan metode sensus. Metode Snowball Random Sampling untuk responden pedagang pengumpul dan pedagang kecil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rantai pemasaran ikan asin di Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat terdiri dari tiga rantai pemasaran dan yang paling efisin adalah pada rantai pemasaran yang III dari industri pengolah ikan asin langsung ke konsumen akhir. Tingkat efisiensi pemasaran pertama dan kedua yaitu kurang efisien dengan persentase 40%, Sedangkan rantai pemasaran yang efisien terdapat pada rantai pemasaran yang ketiga dengan persentase 0%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cmbj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

The Journal of Cakrawala management business journal [CM-BJ] publishes papers on the Indonesian management and business for international academicians, practitioners, regulators, and public societies. The Cakrawala management business journal [CM-BJ] accepts empirical or conceptual papers with any ...