Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 6, No 2 (2022)

Dinamika Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19: Kekhawatiran Learning Loss Pada Siswa

Alone Marera (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Dinamika pembelajaran yang dialami siswa selama pandemi Covid19 memunculkan kekhawatiran akan terjadinya fenomena learning loss. Learning loss adalah sebuah kondisi hilangnya sebagian kecil atau sebagian besar pengetahuan dan keterampilan dalam perkembangan akademis, yang biasanya diakibatkan oleh terhentinya proses pembelajaran dalam dunia pendidikan. Melalui studi kepustakaan, penelitian ini akan memberikan pemaparan mengenai konsep learning loss, yang dikaitkan dengan kondisi pembelajaran masa pandemi covid-19 sekarang ini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan prosedur: (1) memilih topik, (2) mengeksplorasi informasi dari topik terpilih, (3) menentukan fokus penelitian dari hasil eksplorasi informasi, (4) membaca sumber-sumber yang relevan dengan fokus penelitian, (5) membuat dan (6) mengolah catatan penelitian, serta (7) menyusun laporan dalam bentuk artikel penelitian. Data penelitian diperoleh dengan memanfaatkan sumber data sekunder seperti buku, artikel ilmiah, dan website. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen penelitian. Data dianalisis melalui metode analisis konten. Dari penelitian diperoleh hasil sekaligus kesimpulan bahwa learning lossyang terjadi pada siswa sesungguhnya tidak semata diakibatkan oleh situasi pandemi, namun akibat tidak efektifnya pembelajaran secara umum. Tidak efektifnya pembelajaran sudah terjadi di masa sebelum pandemi. Hanya saja hadirnya pandemi dianggap akan semakin memperparah kejadian learning loss pada siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...