Di masa pandemi ini, banyak dari beberapa sektor terkena dampaknya. Namun, dampak yang paling terlihat adalah penurunan pendapatan masyarakat, terutama pada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). UMKM sebagai kunci kesuksesan sebuah organisasi atau perusahaan dan sebagai kontributor terbesar terhadap PBD Indonesia, perlu mendapatkan perhatian khusus dari berbagai lapisan masyarakat. Dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih, media digital memiliki peran penting bagi penggerak pembangunan UMKM. Peran media digital terlihat dari adanya layanan pesan antar makanan melalui perangkat seperi smartphone, sehingga dapat menjadi solusi bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan bermitra dengan jasa layanan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pemberdayaan masyarakat melalui sosialisasi dan pendampingan UMKM, dengan tujuan untuk membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan pengetahuan dan informasi terkait mitra layanan pesan antar online. Hasil dari program kegiatan sosialisasi dan pendampingan yang dilakukan yaitu beberapa UMKM mulai mendaftar ke beberapa mitra dan meningkatnya antusiasme para pelaku usaha UMKM untuk bertransformasi ke media digital.
Copyrights © 2022