Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 5 (2022)

PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD

Eriska Siburian (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Jontra Jusat Pangaribuan (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Antonius Remigius Abi (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Artikel ini melaporkan pengaruh bermain game online terhadap prestasi belajar siswa SD Swasta Wesley 2 kecamatan Tanjung Morawa kabupaten Deli Serdang tahun pembelajaran 2021/2022. Penelitian menggunakan metode deskriptip analatik. Populasi penelitian melibatkan 31 siswa yang terdiri dari 3 kelas, kelas III, IV dan V SD Swasta Wesley 2 kecamatan Tanjung Morawa kabupaten Deli Serdang. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampling purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat pada nilai koefisien korelasi sebesar -0,832, yang artinya rhitung (-0,832) > rtabel (0,355), maka dapat disimpulkan hipotesis alternative (Ha) diterima. Yang artinya, terdapat pengaruh negative yang signifikan antar bermain game online dengan prestasi belajar siswa di SD Swasta Wesley 2 kecamatan Tanjung Morawa kabupaten Deli Serdang. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana thitung > ttabel yaitu thitung sebesar (-8,074). Jika itu dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada derajat kebebasan (df) = 29 sebesar 1,699, yang mana thitung (-8,074) > ttabel (1,699), maka hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari bermain game online terhadap prestasi belajar siswa SD Swasta Wesley 2 kecamatan Tanjung Morawa kabupaten Deli Serdang tahun pembelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...