Edutech
Vol 21, No 2 (2022)

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP FORMATIF EVALUATION MODEL (FEM) SEBAGAI MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)

Sri Winarno (Universitas Dian Nuswantoro)
Asih Rohmani (Universitas Dian Nuswantoro)
Denny Senata (Universitas Dian Nuswantoro)
Pulung Nurtantio Andono (Universitas Dian Nuswantoro)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Kondisi pandemi Covid19 ini memaksa para pemangku kebijakan khususnya dibidang pendidikan harus saling terkait dan berpadu untuk dapat memberikan solusi yang tepat agar supaya pendidikan tetap berjalan dengan baik. Pendidikan merupakan sektor yang terdampak cukup besar dimana Proses Belajar Mengajar (PBM) yang sebelumnya menggunakan model tatap muka langsung dihentikan. Perguruan tinggi dituntut lebih cepat dan tepat dalam memilih model pembelajaran dan melakukan evaluasi dalam pelaksanaannya sehingga PBM berjalan dengan baik. Namun demikian, capaian pembelajaran mata kuliah harus tetap diperhatikan dan dijaga supaya capaian pembelajaran lulusan tidak mengalami perubahan. Inovasi model pembelajaran yang melibatkan dosen dan mahasiswa harus dilakukan supaya pembelajaran lebih efektif, efisien dan sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi saat ini. Model evaluasi pembelajaran menjadi penting dalam mengukur capaian pembelajaran saat ini. Formatif Evaluation Model (FEM) dipilih sebagai model evaluasi pembelajaran alternatif untuk meningkatkan ketercapaian capaian pembelajaran. Oleh karena itu, dalam penelitian ini melakukan pengukuran sejauh mana persepsi mahasiswa terhadap FEM sebagai model evaluasi pembelajaran. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menyatakan setuju dan sangat setuju jika FEM digunakan sebagai model evaluasi pembelajaran.Kata Kunci: FEM, PBM, Evaluasi Pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech adalah jurnal majalah ilmiah di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia yang terbit sebanyak tiga kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. Semua artikel yang dikirim melalui proses peer review double blind dan ulasan editor sebelum di ...