Indonesian Journal of Instruction
Vol. 3 No. 2 (2022): May 2022

Dampak Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

I Gede Darma Buana (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Made Putra (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
IB. Gede Surya Abadi (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Kurangnya minat dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran PPKn berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak model discovery learning berbantuan multimedia interaktif terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen serta menggunakan desain penelitian yaitu Non-equivalent Control Group Design. Sampel diperoleh menggunakan teknik undian sehingga memperoleh dua kelas sebagai sampel dari 5 anggota polulasi yaitu seluruh kelas IV SD. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol (74,59 lebih dari 69,03). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (2,090 lebih dari 1,995) dengan dk = 69 dan taraf signifikansi 5% maka H0 ditolak atau Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Discovery learning berbantuan multimedia Interaktif dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Maka, model pembelajaran Discovery learning berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa. Implikasi penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning berbantuan multimedia interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...