Indonesian Journal of Instruction
Vol. 3 No. 2 (2022): May 2022

Kontribusi Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru

Ni Ketut Ayu Krismawati (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
IB. Surya Manuaba (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Lingkungan kerja yang tidak mendukung mengakibatkan semangat kerja guru menurun dan berdampak pada rendahnya kepuasan kerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besaran kontribusi lingungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru secara terpisah maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu ex-post facto dengan jumlah populasi 48 guru PNS. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sampling total. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana serta analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dengan koefisien determinasi sebesar 16,2%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja dengan koefisien determinasi sebesar 30%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan secara bersama-sama lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja dengan koefisien determinasi sebesar 30,9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan lingkungan kerja dan motivasi kerja mempengaruhi kepuasan kerja guru. Semakin baik lingkungan dan motivasi kerja menyebabkan meningkatnya kepuasan kerja guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...