Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol. 6 No. 2 (2022): November 2022

Pengembangan Media Smartbon untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Hambatan Intelektual Ringan

Effran Zudeta (Universitas Lancang Kuning)
Mumpuniarti Mumpuniarti (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media smartbon untuk meningkatkan kemampuan menyimak hambatan intelektual ringan yang layak dan efektif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, & evaluation). Subjek penelitian adalah tiga disabilitas intelektual ringan. Kelayakan produk media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba lapangan awal melibatkan 5 guru dan uji coba lapangan utama dengan 18 guru. Uji efektifitas dilakukan dengan mengukur perbedaan skor pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan adalah deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk grafik dan tabel. Hasil penelitian, (1) Menghasilkan media untuk mengoptimal kemampuan menyimak. Kelayakan media smartbon dari penilaian ahli materi berada pada kategori baik (3,98) dan penilaian ahli media berada pada kategori “sangat baik” (4,57), penilaian guru pada uji coba lapangan tahap awal pada kategori “baik” (3,97) dan uji coba lapangan utama berada pada kategori “sangat baik” (skor 4,28). (2) keefektifan dari perbedaan skor pre test dan post test ada peningkatan  44.23%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...