HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2022): Histogram

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

Nuraini Nuraini (Universitas Riau)
Kartini Kartini (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui kesalahan yang apa saja yang diperbuat siswa dalam mengerjakan soal cerita  segiempat dan segitiga. Penelitian ini berjenis diskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini subjeknya adalah 26 siswa kelas VIII SMP N 13 Dumai. Kesalahan siswa dapat diketahui melalui pengumpulan data pemberian soal tes tertulis. Kesalahan siswa dalam penyelesaian soal segiempat dan segitiga adalah sebagai berikut: 1) Reading Error (kesalahan membaca soal) (19,53%), 2) Comprehention Error (kesalahan memahami soal) (20,31%), 3) Transformation Error (kesalahan transformasi soal) (23,05%). 4) Process Skill Error (kesalahan keterampilan proses) (15,63%), 5) Encoding Error (kesalahan penulisan jawaban) (21,48%).Kesalahan yang banyak dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tes tertulis pada soal cerita materi segiempat dan segitiga adalah kesalahan transformasi soal yaitu kesalahan dalam menuliskan langkah-langkah penyelesaian

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

histogram

Publisher

Subject

Education

Description

HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi ...