Infotech Journal
Vol. 8 No. 2 (2022)

GAME EDUKASI BAGI ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER (ADHD) BERBASIS ANDROID

Ai Musrifah (Universitas Suryakancana)
Imel Nursida (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Suryakancana)
Fietri Setiawati Sulaeman (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Suryakancana)
Sutono (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2022

Abstract

Anak yang hiperaktif berperilaku sama dengan anak normal lainnya, namun karena mereka mengalami gangguan di pusat kendali pada tubuhnya, sehingga sulit untuk berkonsentrasi serta sulit dikendalikan.Game edukasi dapat menjadi salah satu alternatif sebagai sarana belajar bagi anak penderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) karena dapat membantu dalam perkembangan motoric halusnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah game edukasi sebagai sarana media pembelajaran yang dapat membantu anak ADHD agar bisa lebih berkonsentrasi dan menjadikan game ini sebagai alat pusat perhatiannya, serta membantu anak ADHD dalam perkembangan motorik halus. Metode perangkat lunak yang akan digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Game edukasi ini dapat membantu dalam pembelajaran huruf, angka beserta nama buah, tebak angka, tebak huruf, tebak gambar buah, dan menyusun huruf dari nama buah-buahan dengan menambahkan efek suara dan animasi sehingga metode pembelajaran ini menjadi lebih menarik pusat perhatian anak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

infotech

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Infotech Journal is a Scientific Paper published by the Informatics Study Program of the Faculty of Engineering, Majalengka University. The areas of competence covered by Infotech are Information Systems, Programming, Networks, Robotics, Artificial Intelligence and ...