Jurnal CARE
Vol 10, No 1 (2022): JULI

PERAN ORANGTUA ANAK USIA DINI DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI MASA NORMAL BARU

Luluk Asmawati (UNTIRTA)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Latar belakang penelitian ini memasuki tahun ajaran baru 2021/2022, Satgas Covid-19 telah memberikan informasi  penurunan penyebaran virus covid-19 Kab/Kota di Indonesia dengan istilah zona hijau, kuning, merah, dan hitam. Zona hijau diperbolehkan mengadakan pembelajaran tatap muka terbatas. Tujuan penelitian ini: (1) peran orangtua membiasakan protocol kesehatan pada anak usia dini 4-6 tahun, (2) penerapan protokol kesehatan covid-19 di masa normal baru. Desain penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif analisis. Metode penelitian menggunakan survei. Hasil temuan penelitian: (1) peran orangtua membiasakan protocol kesehatan pada anak dengan: menanamkan keyakinan perlindungan dari Allah SWT setuju, teladan hidup sehiat sangat setuju, nasihat menerapkan 5M sangat setuju, perhatian pada kondisi kesehatan anak sangat setuju, membawakan peralatan sekolah setuju, membawakan bekal makanan bergizi setuju, menjalin komunikasi dengan satuan Pendidikan Anak Usia Dini setuju; (2) penerapan protocol kesehatan covid-19 di masa normal baru yaitu menjaga protocol kesehatan di dalam dan di luar kelas setuju, pengawasan sangat setuju, larangan sangat setuju, partisipasi aktif sangat setuju, menerapkan 3T (testing, tracing, treatment) setuju. Kesimpulan: (1) orangtua mendukung anak kembali belajar tatap muka di satuan Pendidikan Anak Usia Dini, (2) orangtua bersedia berpartisipasi  aktif menjaga kesehatan anaknya sesuai protokol kesehatan covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...