Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dengan Kebiasaan Menonton Video Kartun Pembelajaran

Rifa Aulia (Sarjana Terapan Keperawatan Malang, Poltekkes Kemenkes Malang)
Kissa Bahari (Sarjana Terapan Keperawatan Malang, Poltekkes Kemenkes Malang)
Nurul Pujiastuti (Sarjana Terapan Keperawatan Malang, Poltekkes Kemenkes Malang)
Erlina Suci Astuti (Sarjana Terapan Keperawatan Malang, Poltekkes Kemenkes Malang)
Sumirah Budi Pertami (Sarjana Terapan Keperawatan Malang, Poltekkes Kemenkes Malang)
Budiono Budiono (Sarjana Terapan Keperawatan Malang, Poltekkes Kemenkes Malang)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Gadget merupakan salah satu bukti berkembangnya teknologi dan informasi yang sangat pesat. Anak menggunakan gadget untuk menonton video kartun yang dapat memengaruhi perkembangan kognitif anak. Tulisan ini menjelaskan bagaimana kaitan antara kebiasaan menonton vidio kartun pembelajaran dengan perkembangan kognitif anak usia dini di RA Perwanida 01 Pancir Kab. Blitar. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Pendekatan menggunakan cross sectional dengan uji pearson correlation dan kruskal wallis. Instrumen penelitian yaitu kuisioner dan observasi. Besar sampel yaitu 46 anak yang diambil menggunakan tehnik purposive sampling. Hasil penelitian yaitu tidak terdapat hubungan antara intensitas waktu menonton vidio kartun pembelajaran dengan perkembangan kognitif anak dengan p-value 0,198. Namun ditemukan adanya perbedaan perkembangan kognitif anak usia dini berdasarkan jenis vidio kartun dengan p-value 0,000 dan rata-rata paling tinggi adalah menonton kartun pembelajaran “Upin-ipin”. Diharapkan pada orangtua untuk memonitor anak saat menonton video kartun dan memilih tontonan pembelajaran yang bermanfaat untuk perkembangan kognitif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...