Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Media Digital Menstimulasi Keterampilan Numerasi Anak Usia Dini di Lembaga PAUD

Febry Maghfirah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman)
Malpaleni Satriana (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman)
Antung Dewi Nurliana Sagita (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman)
Wiwik Haryani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman)
Farny Sutriany Jafar (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman)
Yindayati Yindayati (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman)
Norhafifah Norhafifah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Keterampilan numerasi anak usia dini sangat penting distimulasi untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam menginterpretasikan angka dan keterampilan operasi bilang dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk mengungkap efektivitas media digital dalam menstimulasi keterampilan numerasi khususnya pengetahuan angka dan keterampilan operasi bilangan anak usia dini di Lembaga PAUD. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini yaitu 25 guru PAUD dari 15 lembaga PAUD yang ada di wilayah Pulau Kalimantan. Penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital yang mencakup berbagai elemen media seperti teks, gambar, audio, video, dan animasi efektif dalam menstimulasi keterampilan numerasi anak khususnya dalam pengetahuan angka dan operasi bilangan. Impikasi pada penelitian ini adalah media digital efektif dalam menstimulasi keterampilan numerasi khusunya dalam pengetahuan angka dan keterampilan operasi bilangan anak usia dini di lembaga PAUD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...