ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
Vol. 5 No. 3: September 2022

Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Huruf Hijaiyah Dengan Reading Aloud di PAUD TK: Efforts to Improve Reading Ability Hijaiyah Letters By Reading Aloud in TK PAUD

Syamsidar (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu)
Fitriani Ayuningtias (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baca huruf hijaiyah menggunakan metode Reading Aloud di PAUD Kemampuan membaca huruf hijaiyah yang diteliti adalah membaca huruf hijaiyah secara acak dan membedakan huruf hijaiyah yang bentuknya hampir mirip. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 16 anak kelompok A1 yang terdiri dari 11 perempuan dan 5 laki-laki. Obyek penelitian adalah kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan Reading Aloud. Teknik Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila kemampuan membaca huruf hijaiyah anak dengan kategori BSB sudah mencapai persentase minimal sebesar 86%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca huruf hijaiyah dapat ditingkatkan melalui metode Reading Aloud. Keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah, mempersiapkan media Reading Aloud beserta item itemnya, memberi contoh penggunaan metode Reading Aloud untuk membaca huruf hijaiyah pada iqra’ 1, membaca bersama-sama menggunakan metode Reading Aloud, memberi anak kesempatan untuk membaca sendiri menggunakan metodeReading Aloud memberi kesempatan lebih besar pada anak yang peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah masih sulit serta guru memotivasi dan mendampingi anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perubahan kategori BSB disetiap siklusnya, pada saat pra tindakan menunjukkan hasil 12,5%, kemudian mulai meningkat pada Siklus I sebesar 68,75% dan pada Siklus II sebesar 87,5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ECEIJ

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Indonesian Journal (ECEIO adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi PG-PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu.Jurnal ini menerima tulisan ilmiah berupa laporan penelitian (Original article research paper) dengan focus dan ...