Keberhasilan suatu program desa yang dilakukan oleh pemimpin desa yaitu Kepala Desa, maka akan berinteraksi langsung maupun tidak langsung untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak yang dapat mendukung pengembangan desa wisata sawah khususnya di Desa Pematang Johar. Strategi komunikasi kepala desa sangat dibutuhkan dalam mengembangkan desa wisata sawah di Pematang Johar, dimana media komunikasi sangat berperan penting dalam menyampaikan pesan ke berbagai pihak termasuk memasarkan dan, mempromosikan desa wisata sawah sebagai sebuah produk yang layak. Berkembangnya desa wisata sawah di Desa Pematang Johar diharapkan dapat mendukung terwujudnya desa yang mandiri, nyaman dan maju juga mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan meningkatkan pendapatan desa. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil yang diperoleh bahwa berkembangnya wisata sawah di Desa Pematang Johar dikarenakan optimalitas peran kepala desa melalui jaringan kerjasama dengan berbagai perusahaan yang mempunyai CSR, sehingga memberikan bantuan dalam mengembangkan wisata sawah secara menyeluruh. Namun, masih terdapat beberapa kendala dan hambatan yaitu terkait akses ke wisata sawah yang masih belum memadai serta belum optimal masyarakat dalam memberikan dukungan untuk pengembangan wisata sawah
Copyrights © 2022