SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Vol 8, No 2 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains

PENGEMBANGAN LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN POE2WE UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Nana Nana (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian research and development / R&D atau penelitian pengembangan secara sengaja, sistematis, bertujuan untuk menemukan, merumuskan, memperbaiki, mengembangkan, menghasilkan, menguji keefektifan produk, model, metode/strategi/cara, prosedur tertentu yang lebih unggul, baru, efektif, efisien, produktif, dan bermakna. Responden penelitian adalah 233 mahasiswa dari dua Perguruan Tinggi program studi S1 Pendidikan Fisika, D4 Keperawatan dan Profesi Ners di Kota Tasikmalaya. Pengembangan model pembelajaran POE2WE ini dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi yang kemudian dihasilkan produk berupa Learning Management System (LMS) yang dapat diakses oleh mahasiswa kapan saja dan dimana saja untuk menunjang pembelajaran di era revolusi industri 4.0 saat ini. Oleh ahli, pengembangan LMS menggunakan model pembelajaran POE2WE ini mendapatkan skor rata-rata 4,11 dan presentase akhir sebesar 82,13%. Sedangkan oleh mahasiswa, memperoleh skor rata-rata presentase akhir 81,13%. Artinya dari 15 pertanyaan yang ada di kuesioner dapat dikatakan bahwa rata-rata ahli dan mahasiswa Setuju dengan masing-masing pertanyaan yang ada dalam kuesioner, sehingga Learning Management System (LMS) menggunakan model pembelajaran POE2WE ini masuk kategori sangat baik. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa pengembangan LMS ini memberikan manfaat kepada mahasiswa untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh di era revolusi industri 4.0.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

spek

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics

Description

The Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this journal are: Physics Education, Chemistry Education, Biology Education, Media Development and Learning, Model Evaluation and ...