Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara
Vol. 3 No. 2.1 Desember (2022): SPECIAL ISSUE

Pelatihan Metode Pembelajaran Aktif Bagi Guru Untuk mengatasi Learning Loss Di Madrasah Nurul Iman Kota Jambi

Budi Sanjaya (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Muhammad Qodri (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Tomi Enramika (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Zakiyatunnisa Al Mubarokah (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Putri Hardiyanti (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Rasidin (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Ali Musa Lubis (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Mursyid (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Irfan (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Mustar (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Pasca terjadinya pandemi covid-19 banyak menimbulkan dampak dalam proses pembelajaran seperti loss learning. Loss learning juga terjadi pada Madrasah Nurul Iman Kota Jambi dimana siswa kurang bersemangat mengikuti proses pembelajaran di madrasah, pembelajaran di dominasi oleh guru mengakibatkan pembelajaran cenderung kurang aktif. Berdasarkan permasalahan tersebut memunculkan ide dari beberapa dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi untukmemberikan bimbingan kepada guru - guru dimadrasah tersebut agar menambah kapasitas pengetahuan mengenai metode pembelajaran aktif didalam kelas. Adapun metode yang digunakan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat( PKM ) ini adalah pelatihan atau workshop yang berlangsung dalam satu hari dengan peserta guru – guru madrasah yang bertempat di Madrasah Nurul Iman Kota Jambi. Sedangkanmateri yang disampaikan dalam pelatihan yaitumetode pembelajaran aktif dan penerapannya didalam kelas serta merumuskannya dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan harapan agar pembelajaran di Madrasah Nurul Iman Kota Jambi tidaklagi hanya didominasi oleh guru tapi berpusat kepada siswa. Setelah pelatihan ini dilakukan guru – guru menunjukan respon yang sangat positif,mengikuti kegiatan dengan antusias dalam bentuk praktik dan diskusiserta menambah wawasan dan pengalaman dalam dunia pendidikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal JPkMN adalah jurnal yang diterbitkan oleh lembaga sistem informasi dan teknologi (SISFOKOMTEK) medan yang bertujuan untuk mewadahi tentang hasil pengabdian kepada masyarakat. JPkMN (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara) adalah wadah informasi berupa hasil pengabdian, studi ...