Nusantara Journal of Islamic Studies
Vol. 3 No. 1 (2022): Maret

Idealitas Sosok Guru : Analisis Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat

Yudi Ardian Rahman (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Islah - Bondowoso, Indonesia)
Mujiono (Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani - Situbondo, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Pendidikan merupakan masalah penting yang memperoleh prioritas utama sejak awal kehidupan manusia. Bahkan Rasulullah SAW sendiri telah mengisyaratkan bahwa proses belajar bagi setiap manusia adalah sejak ia masih dalam kandungan ibunya, sampai ia sudah mendekati liang kuburnya. Sebagai agama yang mengutamakan pendidikan, maka sepanjang kurun kehidupan umat Islam hingga kini, telah muncul banyak ahli pendidikan yang menyumbangkan buah pikirannya dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pandangan Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat, tentang sosok guru dan apakah sosok guru menurut Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat terdapat persamaan atau perbedaannya, serta dapat dijadikan rujukan bagi para guru di masa sekarang ini. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan historis dan filosofis dan metode analisis data induktif deduktif, komparatif dan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat memiliki kontribusi yang besar dalam rangka membangun sosok figur seorang guru. Sedangkan kontribusi pemikiran kedua tokoh ini ternyata terdapat suatu perbedaan walaupun banyak persamaannya. Secara operasional, konsepnya dapat diaplikasikan dan dijadikan alternatif acuan bagi seorang guru di masa sekarang, namun harus menggunakan bentuk pendekatan baru serta diperlukan penyempurnaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

NJIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

Nusantara Journal of Islamic Studies is Islam education scientific journal that contains articles on Islamic education, Islamic education thought and management of Islamic Education. Intended as a vehicle for critical thinking and open to all circles of academia, religion, intellectuals, students ...