Nusantara Journal of Islamic Studies
Vol. 3 No. 2 (2022): September

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match di SMP Islam Nurul Falah

Muhammad Arifin (Sekolah Tinggi Ilmu Syari'ah Darul Falah - Mataram, Indonesia)
Syamsul Arifin (Institut Agama Islam Syarifuddin - Lumajang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Model pembelajaran Tipe Index Card Match atau mencari pasangan adalah model yang cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Kelebihan dari model ini adalah meningkatkan kreativitas siswa, menfokuskan perhatian siswa, alokasi waktu yang mudah, dan terjadi diskusi dan presentasi antar kelompok, mampu meningkatkan hasil belajar siswa mencapai taraf ketuntasan belajar. Pendekatan yang digunakan kualitatif dan jenis rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus mencakup 4 fase yaitu prencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapaan model pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Pada Pembelajaran PAI di SMP Islam Nurul Falah. Dapat dikatahui bahwa hasil analisis pada hasil belajar siswa telah memenuhi standar ketuntasan belajar, yaitu 85% siswa mendapatkan nilai diatas 75. Pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match dapat memberikan dampak positif bagi keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

NJIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

Nusantara Journal of Islamic Studies is Islam education scientific journal that contains articles on Islamic education, Islamic education thought and management of Islamic Education. Intended as a vehicle for critical thinking and open to all circles of academia, religion, intellectuals, students ...