SWARNA
Vol. 1 No. 3 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2022

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PENGAJARAN VARIATIF PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BAUBAU

Darmayanti Darmayanti (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Metode pengajaran yang bervariasi dapat memberikan pengaruh dalam pembelajaran terutama terhadap peningkatan motivasi belajar bagi siswa. Dalam hal ini motivasi belajar siswa tersebut akan timbul jika disertai dengan adanya penggunaan metode pengajaran yang bervariasi. Keberagaman metode ini adalah menjadi salah satu aspek penting dan utama dalam menentukan tujuan dan keberhasilan dalam suatu pembelajaran. oleh sebab itu, belajar dengan menggunakan multi metode adalah salah satu faktor yang dapat mengembangkan serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar serta keinginan untuk mempelajari bahasa asing yaitu pada mata pelajaran bahasa Inggris. Selain itu, Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat juga dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kreatifitas guru dalam menentukan dan menggunakan jenis metode pengajaran yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dari hasil sosialisasi ini dapat diketahui bahwa guru memperoleh informasi baru yang terkait dengan ragam dan variasi metode pengajaran terutama pada pembelajaran bahasa Inggris yang merupakan bahasa asing, selain itu dari sosialisasi ini juga guru memperoleh keterampilan atau kemampuan dalam menentukan jenis metode pengajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hal tersebut menjadi referensi baru bagi para guru guna meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

swarna

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is a journal that is a scientific forum for community service, with the online registered number E-ISSN 2963-184X. This multidisciplinary scientific journal in the field of community service is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada ...