Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 3 (2022): Agustus

Analisis Literasi Sains Peserta Didik Melalui Pendekatan Etnopedagogi pada Pembelajaran Kimia

M. Najamudin Nopriadi (Unknown)
Yayuk Andayani (Unknown)
Saprizal Hadisaputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains peserta didik setelah pembelajaran dengan pendekatan etnopedagogi pada pembelajaran kimia. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Pujut dan SMAN 2 Pujut yang berjumlah 103 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi dan tes literasi sains. Pendekatan etnopedagogi dilakukan melalui lima tahapan pembelajaran, yaitu self-identification, Content Integration, Collaboration, Dialogue, dan Reflection. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa kategori ketercapaian hasil tes untuk kemampuan literasi sains temasuk kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 53,38. Kategori ketercapaian hasil tes untuk kemampuan literasi sains peserta didik berdasarkan perbedaan gender peserta didik laki-laki dengan nilai rata-rata kemampuan literasi sains sebesar 50,00 (kurang) sedangkan ketercapaian hasil tes kemampuan literasi sains peserta didik perempuan termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 63,76.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...