Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 11, No 2 (2022): Desember

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Tematik Dengan Tema Bermain Di Lingkunganku Melalui Model Pembelajaran Transformatif (Transformative Lerning ) Kelas Ii-B SDN Kepatihan Kec. Lamongan

Nida Ul Hasanah (Guru Sekolah Dasar Negeri Kepatihan Kabupaten Lamongan)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada pelajaran Tematik dengan tema bermain di lingkunganku melalui Model Pembelajaran Transformatif (Transformative Lerning) kelas II-B SDN Kepatihan Kec. Lamongan Kab. Lamongan Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam beberapa siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran transformatif (transformative learning) memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Kepatihan Kec. Lamongan Kab. Lamongan yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu; 56,56% ( siklus I ) ; 64,06 % ( siklus II ) ; 99,64 % (siklus III).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

reforma

Publisher

Subject

Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Social Sciences

Description

Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran Reforma dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan ...