Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Faktor-Faktor yang memengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar: Literature Review

I Putu Aditya Perdana (Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Indonesia)
Tience Debora Valentina (Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu aspek yang memengaruhi hasil belajar siswa. Pada jenjang pendidikan sekolah dasar motivasi menjadi hal yang sangat penting sebab seorang siswa yang belajar tanpa motivasi cenderung mendapatkan hasil pembelajaran yang kurang maksimal. Sehingga beranjak dari hal tersebut memunculkan suatu masalah yakni motivasi belajar yang rendah menyebabkan hasil belajar yang rendah pula. Pertanyaan yang mendasar pada penelitian adalah apa saja yang memengaruhi motivasi belajar siswa sekolah dasar. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur tipe narrative review dengan cara overview article. Penelusuran dilakukan menggunakan ScienceDirect dan Google Scholar dengan kriteria inklusi penelusuran adalah siswa sekolah dasar dengan tingkatan kelas 3 – 6 Sekolah Dasar (SD), tahun terbit jurnal 2017-2022 dan full text dengan topik motivasi siswa sekolah dasar. Diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat faktor internal yang memengaruhi motivasi belajar siswa sekolah dasar yang meliputi efikasi diri, minat, dan kecerdasan emosional. Sedangkan faktor eksternal yang memengaruhi motivasi belajar siswa sekolah dasar meliputi kreativitas guru dalam menerapkan ice breaking, peran orang tua, pola asuh orang tua, dukungan teman sebaya, penerapan media pembelajaran visual, model pembelajaran time token, dan model hybrid learning & blended Learning. Motivasi belajar siswa sekolah dasar tidak terbentuk oleh satu faktor saja melainkan terbentuk dari multi faktor yang dimana faktor internal dan eksternal saling berintegrasi. Diharapkan guru, orang tua dan juga lembaga pendidikan lebih memerhatikan aspek internal dan eksternal pada siswa untuk mengoptimalkan motivasi belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Pandemi Covid-19 ini menyebabkan terjadinya pencurian di berbagai daerah di Indonesia. Banyak pencuri melakukan tindakan mencuri karena kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat aparat harus memberikan sanksi kepada pencuri. Permasalahan dalam ...