Jurnal Basicedu
Vol 6, No 6 (2022): December 2022

Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar

Desi Sijabat (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Eva Pasaribu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Lisbet Novianti Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematngsiantar)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2022

Abstract

Untuk mewujudkan potensi sekolah yang efektif, kompetensi guru akan berperan penting dalam pengembangan lingkungan belajar yang dinamis, kreatif, produktif, dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik guru yang bekerja di Kecamatan Girsang Sipanganbolon dalam rangka memenuhi tujuan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif, dan jenis penelitian yang dilakukan adalah korelasional. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah 35 orang tenaga pendidik yang saat ini bekerja di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel x (motivasi kerja) yang berpengaruh terhadap variabel y yang berpengaruh (kompetensi pedagogik). Peningkatan motivasi kerja instruktur diikuti dengan peningkatan kompetensi pedagogik guru tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa nilai kompetensi pedagogik akan tumbuh sebesar 0,776 untuk setiap peningkatan nilai motivasi kerja sebesar 0,776. Temuan analisis data penelitian ini dan pengujian hipotesis memungkinkan adanya kemungkinan penarikan kesimpulan bahwa ada hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi kerja guru. Hubungan antara kedua variabel tersebut dapat direpresentasikan dengan persamaan Y = 0,720 + 0,776x.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...