Jurnal Basicedu
Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236

Pengembangan Media Augmented Reality pada Materi Pengenalan Planet dan Benda Langit Pembelajaran IPA Sekolah Dasar

Muhammad Fadhil Iskandar (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Mayarni Mayarni (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Dalam penelitian ini berfokus pada pengembangan pada media pembelajaran berbentuk aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality. Dikarenakan kurangnya pengaplikasian teknologi untuk pembaruan media saat pembelajaran dan terbatasnya dukungan dalam media pembelajaran IPA terlebih pada materi pengenalan planet dan benda langit yang cocok dengan kemajuan zaman agar menjadikan kebutuhan dikembangkannya media ini. Produk tersebut ialah aplikasi Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan media pebelajaran yang cocok digunakan, sehingga bisa dimanfaatkan oleh peserta didik serta guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah R&D (Research & Development) dan dikembangkan dengan model menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN Bendungan Hilir 12 Pagi. Pengujian kelayakan produk dinilai oleh 3 ahli yaitu ahli media, ahli materi, serta pakar Pendidikan. Hasil penilaian kelayakan media Augmented Reality oleh ahli media sejumlah 84%, oleh ahli materi sejumlah 100% serta oleh pakar Pendidikan sejumlah 93.3% . Hasil dari ketiga penilaian tersebut kategori yang diapatkan ialah “Sangat Baik” satau layak digunakan. Serta peserta didik juga menjadi responden pada media melalui uji kelompok besar sebanyak 20 peserta didik dan kelompok kecil sebanyak 10 peserta didik. Hasil dari kedua uji tersebut mendapatkan nilai rata-rata 95.5% dengan kategori “Sangat Baik” atau media layak dan cocok digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...