Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, kurang antusias dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, siswa kurang berani mengutarakan pendapat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pendekatan edukatif dengan perilaku belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mazino Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian asosiatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan antara variabel X (pendekatan edukatif) dan variabel Y (perilaku belajar siswa) kelas VIII SMP Negeri 1 Mazino Tahun Pelajaran 2015/2016 di atas, diperoleh hasil korelasi pada taraf signifikan 95% dengan nilai rxy= 0.961. Berdasarkan hasil konsultasi diketahui bahwa 0,961 ≥ 0,423, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pendekatan edukatif dengan perilaku belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mazino Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran yang diajukan peneliti adalah (1) hendaknya guru melaksanakan pendekatan edukatif kepada siswa sehingga siswa terbiasa dalam melakukan perilaku belajar sesuai dengan nilai-nilai yang bersifat edukatif, 2) hendaknya guru memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa guna meningkatkan perilaku belajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat pula dan 3) hendaknya siswa dapat mengembangkan perilaku belajar yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar menjadi lebih maksimal.
Copyrights © 2021