JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

Analisis Pengembangan Kurikulum Berbasis Teologi Dan Kebudayaan Pada Program Studi Pariwisata Budaya Dan Keagamaan – Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Robert J.T Sitio Sitio (Institut Agama Kristen Negeri Tarutung)
Yulia K.S Sitepu (Institut Agama Kristen Negeri Tarutung)
Tio R.J Nadeak (Institut Agama Kristen Negeri Tarutung)
Mery Silalahi (Institut Agama Kristen Negeri Tarutung)
Denata Rajagukguk (Institut Agama Kristen Negeri Tarutung)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kesesuaian materi dan sebaran mata kuliah yang terdapat pada Kurikulum Program Studi (Prodi) Pariwisata Budaya dan Keagamaan (PBK) - IAKN Tarutung berbasis Teologi dan Kebudayaan. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dan kuantitatif diperoleh dari beberapa evaluasi yang dilakukan, pendapat dari ahli kurikulum, serta evaluasi kurikulum yang telah dikembangkan dalam instrumen kuesioner. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kualitas Kurikulum Prodi PBK – IAKN Tarutung apakah mampu mewujudkan program atau rencana pembelajaran yang terdiri dari isi dan materi pelajaran yang terstruktur, terprogram dan terencana dengan baik yang berkaitan dengan visi dan misi Prodi tersebut. Berdasarkan hasil analisis, kurikulum Prodi PBK – IAKN Tarutung ini memiliki tingkat relevansi atau keterkaitan dengan Teologi dan Kebudayaan dalam kategori cukup sehingga Kurikulumnya masih perlu dikembangkan agar mencapai kategori sangat baik dengan persentase nilai (81% < skor < 100%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...