Journal of Social And Economics Research
Vol 4 No 2 (2022): JSER, December 2022

HAMBATAN KOMUNIKASI ANTARA MAHASISWA KKN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANDUNG DENGAN MASYARAKAT DESA GAJAHMEKAR

Imam Afandi (Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung)
Ratih Rahmawati (Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung)
Dwi Purliantoro (Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Bandung)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Hambatan dalam berkomunikasi terjadi akibat kurang terjalinnya komunikasi yang baik antara komunikan dan komunikator yang dapat terjadinya kesalahpahaman. Komunikasi sangatlah penting untuk diterapkan. Karena, Komunikasi tidak hanya berputar-putar pada pertukaran berita dan pesan, namun memuat kegiatan individu dan kelompok, saling bertukar informasi, ide, fakta dan data. Komunikasi bertujuan agar informasi yang disampaikan dapat di mengerti oleh orang lain. Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman yang menjadi disinformasi atau miskomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hambatan komunikasi antara mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Bandung dengan masyarakat Desa Gajahmekar? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan komunikasi tersebut terjadi karena latar belakang mahasiswa yang berbeda dan di lingkungan desa yang berbeda dengan budaya yang beda, bahasa yang berbeda dan kebiasaan yang berbeda. Hambatan terebut dapat dihindari jika kita mengenal terlebih dahulu karakteristik dari masyarakat desa yang akan dijadikan tempat KKN, dengan cara berkunjung sebelum pelaksanaan KKN, berbaur dengan masyarakat, mengajak ngobrol dengan masyarakat. Hal-hal demikian dapat mencegah atau mengurangi disinformasi atau miskomunikasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social and economic research. Investigated the dynamics of teaching and learning of social education, and social and economic problems in society at the primary, senior, and high education ...