SPIN: Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia
Vol. 4 No. 2 (2022): Juli - Desember 2022

ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP REDUKSI-OKSIDASI: ANALYSIS OF STUDENT'S MISCONCEPTIONS ON THE REDUCTION-OXIDATION CONCEPT

Syarifatul Mubarak (Universitas Islam Negeri Mataram)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Pengenalan konsep ilmu kimia dalam suatu pembelajaran dapat terkendala dengan adanya miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik, terlebih kimia juga dikenal sebagai suatu subjek kajian yang cukup sulit untuk dipelajari. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui pemahaman mahasiswa berkaitan dengan konsepsi redoks dalam pembelajaran kimia anorganik. Tes diberikan dalam bentuk 15 butir soal three tier multiple choice yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Instrumen tes dinyatakan valid dengan nilai CVR 0,99 dan mean 1,73. Sedangkan nilai reliabilitas instrument diperoleh sebesar 0,80. Hasil tes mengungkap terdapat rerata sebesar 32,50% miskonsepsi dalam memahami konsep redoks saat mempelajari kimia anorganik dengan miskonsepsi tertinggi sebesar 59,38% terdapat dalam memahami peranan air dalam suatu reaksi redoks diikuti oleh miskonsepsi terkait dengan persamaan Nernst sebesar 57,58%. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

spin

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

SPIN adalah jurnal berkala yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Tadris Kimia FTK UIN Mataram. Jurnal ini berisi artikel yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analitis kritis kepustakaan khususnya di bidang kimia dan pendidikan kimia. SPIN: ...