UMKM merupakan salah satu usaha peningkatan perekonomian secara produktif baik dikerjakan oleh individu maupun badan usaha berukuran mikro atau kecil yang sesuai dengan prasyarat maupun syarat sebagai usaha mikro. CV Prima Leather menjadi salah satu bagian dan penggerak UMKM bahan baku kulit dan aksesoris bahan yang ada di Sidoarjo. Badan usaha yang berlokasikan di Tanggulangin ini menjadi salah satu alasan untuk dapat menerapkan digital marketing dibidangnya yang sedang dioperasikan di CV Prima Leather. Tujuannya untuk mengetahui seberapa dalam keperluan dan dampak yang baik bagi CV Prima Leather yang diharapkan dapat mempertahankan atau meningkatkan citra usaha. Terkait permasalahan yang terjadi dalam CV Prima Leather tentu sangat perlu diterapkan analisa strategi dan penerapan digital marketing melalui media sosial dan strategi yang menunjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dinilai dapat memahami terkait tentang yang dialami oleh subyek penelitian serta pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi pemilik usaha CV Prima Leather. Secara keseluruhan hasil analisis penggunaan strategi sosial dan hasil dari analisis penggunaan strategi sosial media ini sangat memberikan dampak positif secara signifikan terhadap perluasan pemasaran usaha dan juga produk. Melalui pandangan bisnis, penerapan digital marketing melalui media sosial pada sentra industri merupakan salah satu usaha kedepannya agar bisa lebih baik seperti halnya penggunaan sosial media yang memberikan dampak perubahan terhadap usaha. Sebagaimana pandagan pemerintah maupun masyarakat untuk dapat turut aktif mencintai dan mendukung penuh usaha lokal dengan mempromosikan usaha dan produk yang ada di CV Prima Leather agar memiliki branding yang dikenal oleh masyarakat secara menyeluruh.
Copyrights © 2022