Pesona.
Vol 2, No 2 (2022): Oktober 2022

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN RUMAH BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN TEKSTIL KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN

Putri Mayasari Lubis (Universitas Negeri Medan)
Farihah Farihah (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan rumah belajar pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil di kelas X SMK Negeri 1 Beringin. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan data dari 35 responden dan 2 instruktur. Proses analisis data meliputi proses penyajian data, tabulasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan rumah belajar pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil tergolong sangat efektif. Hasil penelitian yang didapat ialah: (1) aspek sarana dan prasarana tergolong sangat efektif dengan skor 11,22%, (2) aspek pencapaian kurikulum tergolong sangat efektif dengan skor 13,97%, (3) aspek pelaksanaan pembelajaran tergolong sangat efektif dengan skor 17,45%, (4) aspek keterampilan menggunakan rumah belajar tergolong sangat efektif dengan skor 17,65%, (5) aspek pengguasaan materi tergolong sangat efektif dengan nilai 13,74%, (6) aspek hasil belajar tergolong sangat efektif dengan skor 13,91%. Hasil keseluruhan sebesar 87,97%, dan didukung oleh data dari guru yang melaksanakan pembelajaran menggunakan rumah belajar dengan skor 86,50% tergolong sangat efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pesona

Publisher

Subject

Arts Education

Description

PESONA: Jurnal Pendidikan Tata Busana adalah jurnal open-access dengan proses double-blind peer review. Double Blind Peer Review adalah metode penelaahan teman sejawat terhadap sebuah karya ilmiah yang akan dipublikasikan dalam terbitan berkala ilmiah, yang mana identitas reviewer dan penulis ...