Journal of Comprehensive Science (JCS)
Vol. 1 No. 4 (2022): Journal of Comprehensive Science (Jcs)

Pengembangan Pariwisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat Dilihat Dari Perspektif Implementasi Kebijakan

Mardiana Mardiana (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Dewi Safitri (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Restina Safitri (Universitas Maritim Raja Ali Haji)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Pariwisata menjadi objek penting dalam pembangunan yang berkelanjutan. Dengan adanya pengembangan pariwisata diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat terpinggir. Tetapi hal tersebut belum dikembangkan dengan baik, sehingga belum berjalan sesuai yang direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pemberdayaan masyarakat dari perspektif kebijakan yang memiliki pengaruh terhadap pengembangan pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, didapat melalui penelusuran dari berbagai literatur (riset kepustakaan). Pengembangan dan pengelolaan kepariwisataan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan seluruh sumber daya pariwisata sesuai dengan kebijakan pengembangan pariwisata berkelanjutan. Keberhasilan pengembangan pariwisata harus dilakukan dengan meningkatkan efektivitas yang berkaitan dengan adanya tindakan keseluruhan dan dapat berpengaruh pada pariwisata yang sedang dikembangkan. Untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Bintan perlunya pemberdayaan masyarakat sekitar dengan menerapkan kebijakan yang telah ditetapkan. Kebijakan yang diberikan untuk pengembangan pariwisata menjadi hal yang penting untuk kesejahteraan masyarakat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts ...