Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan CSR terhadap Institutional ownership. Dengan dimensi pengungkapan CSR berdasar indeks GHPB yakni terdiri dari empat kategori dimensi: Dimensi hubungan karyawan, hubungan masyarakat, produk, dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh perusahaan dengan kategori high-profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2019. Berdasarkan metode purposive sampling diperoleh 137 sampel perusahaan dengan sumber data laporan tahunan perusahaan. Alat analisis yang digunakan untuk olah data penelitian ini ialah program SPSS versi 24 dengan model analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya pengungkapan CSR dimensi hubungan karyawan yang berpengaruh positif signifikan terhadap Institutional ownership. Pengungkapan CSR dimensi hubungan masyarakat berpengaruh negatif signifikan terhadap Institutional ownership. Sedangkan CSR dimensi produk dan lingkungan berpengaruh positif namun tidak signifikam terhadap Institutional ownership.
Copyrights © 2022