Madaniyah: Terciptanya Insan Akademis Berkualitas Dan Berakhlak Mulia
Vol 12 No 2 (2022): Edisi Juli 2022

Pola Pendidikan Multiple Intelligences pada Pondok Pesantren Al-Isti’anah Jombor Tuntang Semarang

Irmawati Irmawati (Unknown)
Wahidin Wahidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Kecerdasan majemuk atau multiple intelegence sangat dibutuhkan di era saat ini termasuk bagi santri. Tujuan penelitian ini untuk merumuskan pola pendidikan multiple intelligences di Pondok Pesantren Al Isti’anah Jombor Tuntang Kabupaten Semarang. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pondok Pesantren Al-Isti’anah mengembangkan 9 kecerdasan secara terpadu dengan dua sistem sistem yang diterapkan, yaitu: (a) sistem kekeluargaan, dan (b) sistem pembelajaran beragam. Sistem kekeluargaan dibangun atas kesadaran hubungan santri dan kyai sebagai partner untuk mewujudkan tujuan pembelajaran dalam pesantren. Sedangkan system pengajaran beragama dilakukan melalui pengembangan potensi yang dimiliki oleh masing-masing santri sesuai bakat dan minatnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

madaniyah

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Madaniyah merupakan salah satu jurnal ilmiah dari STIT Pemalang yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan, sosial dan keagamaan. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang berkembang. Jurnal ini ...