Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
Vol 2, No 4 (2022): December

Pelatihan Akuntansi Berbasis SAK-EMKM untuk UKM Menggunakan Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan Mikro Kecil (Si APIK)

Maryati Kadir Thalib (Unknown)
Siti Andini Utiarahman (Unknown)
Novita Adam (Unknown)
Nurjana Suleman (Unknown)
Nur Oktavin Idris (Unknown)
Sri Oktavia Dai (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Ichsan Gorontalo)
Satriadi D. Ali (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Ichsan Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Pentingnya penyusunan dan penyajian laporan keuangan bagi dunia usaha, khususnya UKM, telah mendorong lahirnya standar keuangan baru yakni Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) yang diterbitkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Standar ini merupakan salah satu standar pelaporan keuangan yang memudahkan penyusunan dan penyampaian laporan akuntansi yang lebih sederhana dan mudah dipahami bagi para pelaku usaha. Tujuan dilaksanakannya kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada UKM binaan di desa Tinelo tentang cara menyusun laporan keuangan sesuai SAK EMKM dengan menggunakan aplikasi akuntansi berbasis Android Si APIK. Jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sebanyak 8 UMKM binaan. Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tinelo berlokasi di jalan Adam Poliama. Hasil PKM ini, seluruh peserta akan dapat menyusun laporan keuangan kegiatan usahanya dengan menggunakan aplikasi akuntansi Si APIK.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dikmas

Publisher

Subject

Education

Description

Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian is a journal managed by Master Program in Nonformal Education Post Graduate Program Gorontalo State University. This journal contains articles of community service with the scope of Training and Marketing that are utilized for community ...