Journal of Economics, Management, Business And Accounting (JEMBA)
Vol 2 No 2 (2022): Journal of Economics, Management, Business and Accounting

Pengaruh Perencanaan Dan Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Akuntabilitas Kinerja (Survei Pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bandung)

Inta Budi Setya Nusa (Universitas Komputer Indonesia)
Ummi Ghoidah Mutmainnah (Universitas Komputer Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Akuntabilitas Kinerja masih terdapat permasalahan terkait Perencanaan dan Anggaran Berbasis Kinerja. Diantaranya yaitu terdapat Perencanaan masih belum mencapai target, maka dari itu masih perlu banyak perbaikan serta masih ada kekeliruan dari aparatur pemerintah bahwa keberhasilan dan kegagalan program dan kegiatan yang dilaksanakan hanya berdasarkan penyerapan anggaran berbasis kinerja menyebabkan hasil dari evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah masih menempati peringkat terendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Perencanaan terhadap Akuntabilitas Kinerja. Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Anggaran Berbasis Kinerja terhadap Akuntabilitas kinerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatis dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 orang pegawai yang bekerja pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bandung. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dengan total sampel 50 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukan baha Perencanaan dan Anggaran Berbasis Kinerja berpengaruh positif signifikan terhadap Akuntabilitas Kinerja pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bandung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jemba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JEMBA (Journal of Economics, Management, Business and Accounting) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Komputer Indonesia secara periodik dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember). JEMBA mempublikasikan tulisan-tulisan dalam bidang ekonomi, manajemen, ...