Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 2 No 6 (2022): JAMSI - November 2022

Akselerasi Pengembangan Wirausaha “Dapurkana” Melalui Digitalisasi dengan Penerapan Katalog WA Bisnis dan Perencanaan Konten Media Sosial

Miguna Astuti (Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia)
Rosali Sembiring (Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia)
Achmad Zuchriadi (Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Mitra dalam program ini adalah Dapurkana yang berwilayah di Kelurahan Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok. “Dapurkana” merupakan usaha yang menyediakan produk makanan yang masuk pada kategori berskala usaha mikro, kecil dan menengah yang telah go digital (UMKM 4.0). Permasalahan yang ditemukan berupa aspek manajemen usaha terutama pada aspek manajemen pemasaran antara lain, belum adanya pemahaman cara membuat dan menggunakan katalog WA bisnis dan perencanaan konten media sosial. Adapun solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut antara lain, pelatihan dan pendampingan: cara membuat dan menggunakan katalog WA bisnis, serta perencanaan konten media sosial. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra terkait permasalahan. Metode yang digunakan adalah ‘pertisipatif’, yaitu pendekatan yang berorientasi pada upaya peningkatan peran serta masyarakat secara langsung dalam berbagai proses dan pelaksanaan pengabdian. Teknik pelaksanaan pengabdian yang digunakan yaitu ‘participatory rural appraisal’ yang umum digunakan pada program/kegiatan terkait sosial-budaya dan sosial ekonomi masyarakat. Dan mendapatkan hasil pengetahuan mitra terkait perbedaan akun WA personal dan bisnis, pengetahuan mitra terkait perencanaan konten media sosial naik sebesar 83%. Kemudian pengetahuan mitra terkait cara membuat katalog produk pada akun WA bisnis dan mengelola katalog produk pada akun WA bisnis meningkat 63%. Hal tersebut berdampak pada peningkatan omset hingga mencapai dua kali lipat (100%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...