JURNAL TUNAS PENDIDIKAN
Vol 3 No 1 (2020): JURNAL TUNAS PENDIDIKAN

PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI 12 KOTO BARU KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK

Reni Guswita (STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2020

Abstract

Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa proses pembelajaran tematik yang dilakukan oleh guru belum mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah ini, strategi Know Want to Know Learned (KWL) diterapkan. Penelitian ini dirancang untuk menggambarkan penerapan strategi KWL dalam pra-kegiatan, sementara-kegiatan dan pasca-kegiatan untuk meningkatkan prestasi belajar tematik siswa kelas tiga di SD Negeri 12 Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat fase termasuk perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa di kelas tiga. Data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa dari siklus pertama ke yang kedua, skor kegiatan guru meningkat dari 75% menjadi 88,75%, aktivitas siswa meningkat dari 65 menjadi 81,75, dan prestasi belajar siswa meningkat dari 70,2 menjadi 80,8.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Tunas Pendidikan merupakan jurnal di bawah naungan Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, yang berisi tentang naskah artikel hasil kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan dasar. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian dosen, mahasiswa dan ...