JURNAL TUNAS PENDIDIKAN
Vol 2 No 2 (2020): JURNAL TUNAS PENDIDIKAN

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KALOR KELAS VII.1 SMPN 7 MUARA BUNGO

ASHARI LUBIS (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan lembar kerja peserta didik. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas VII.1 SMPN 7 Muara Bungo tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 31 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dimulai dari 28 Oktober 2019 hingga 26 November 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep kalor. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik, daya serap peserta didik, dan ketuntasan belajar dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Untuk nilai rata-rata peserta didik pada siklus I, siklus II, dan siklus III, yaitu: 80, 85, dan 88. Untuk daya serap peserta didik pada siklus I, siklus II, dan siklus III, yaitu: 80%, 86%, dan 89%. Sedangkan untuk ketuntasan belajar pada siklus I, siklus II, dan siklus III, yaitu: 72%, 89%, dan 94%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Tunas Pendidikan merupakan jurnal di bawah naungan Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, yang berisi tentang naskah artikel hasil kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan dasar. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian dosen, mahasiswa dan ...