JURNAL TUNAS PENDIDIKAN
Vol 2 No 2 (2020): JURNAL TUNAS PENDIDIKAN

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN 7 MUARO JAMBI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

RATIH MARHAENI JUNI ASTUTI (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2020

Abstract

Model Pembelajaran merupakan suatu teknik pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajarkan suatu pokok bahasan tertentu dan dalam pemilihan suatu model harus disesuaikan terlebih dahulu dengan materi pelajaran. Tingkat perkembangan kognitif siswa dan sarana atau fasilitas yang tersedia sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga model pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Pelaksanaan pembelajaran tentang Penyampaian cerita dengan penerapan model Contextual Teaching And Learning (CTL). CTL merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Model CTL berjalan sesuai dengan skenario yang ada pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan telah berhasil menciptakan situasi belajar yang kondusif yakni peserta didik terlibat secara langsung pada proses pembelajaran, juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa untuk belajar Bahasa Indonesia yang semula dianggap membosankan. Tingkat pemahaman siswa tentang penyampaian cerita setelah pembelajaran menggunakan model Pembelajaran CTL dapat meningkat dengan baik, ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yaitu pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 67 kategori cukup dan pada siklus ke 2 memperoleh nilai rata-rata 80 dengan kategori baik. Setelah diberikan tindakan dengan penggunaan penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa adalah 74% atau 20 siswa. Sedangkan pada siklus 2 ketuntasan klasikal belajar siswa meningkat mencapai 93% atau 25 siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Tunas Pendidikan merupakan jurnal di bawah naungan Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, yang berisi tentang naskah artikel hasil kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan dasar. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian dosen, mahasiswa dan ...