JURNAL TUNAS PENDIDIKAN
Vol 5 No 1 (2022): JURNAL TUNAS PENDIDIKAN

ZSH MODEL PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI SOSIAL GURU DILIHAT DARI LINGKUNGAN SEKOLAH HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Zuhri Saputra Hutabarat (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru ekonomi dan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Muara Bungo. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Muara Bungo sebanyak 52 orang. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket. Setelah itu dianalisis dengan korelasi parsial product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang baik terhadap kompetensi sosial guru ekonomi, dan lingkungan sekolah yang baik, serta memiliki motivasi belajar ekonomi yang tinggi. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru ekonomi dengan motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Muara Bungo dengan koefisien sebesar 0,485, terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar ekonomi dengan koefisien sebesar 0,458 serta terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru ekonomi dan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar ekonomi siswa, dengan koefisien sebesar 0,515.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Tunas Pendidikan merupakan jurnal di bawah naungan Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, yang berisi tentang naskah artikel hasil kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan dasar. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian dosen, mahasiswa dan ...