JHeS (Journal of Health Studies)
Vol 4, No 2: September 2020

Usia, Status Gizi, dan Berat Badan Anak Sebagai Faktor Determinan dalam Estimasi Porsi Makan oleh Ibu

Silvi Lailatul Mahfida (Aisyiyah University of Yogyakarta, Street Siliwangi No. 63 Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Sekitar 50% ibu menyediakan makan Balita belum sesuai porsinya. Tujuan penelitian ini menganalisis faktor-faktor determinan estimasi porsi makan Balita oleh ibu. Penelitian cross-sectional ini melibatkan 82 ibu-Balita dari 5 Posyandu di kota Yogyakarta. Estimasi porsi oleh ibu dieksplorasi dengan kuesioner gambar makanan berskala. Ibu cenderung over-estimate sumber karbohidrat dan sayuran, serta under-estimate sumber protein hewani, protein nabati, dan buah. Ada hubungan signifikan antara usia balita dan berat badan dengan estimasi porsi makan. Persepsi ibu dalam estimasi porsi Balita berdasarkan pada usia dan berat badan balita. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi pengetahuan dan praktik ukuran porsi yang sesuai untuk Balita.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JHeS

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health

Description

JHeS (Journal of Health Studies) published since March 2017 by Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Published twice a year in March and September. Contains the writings of research results with the theme health. ISSN print: 2549-3345, ISSN Online: 2549-3353. JHeS (Journal of Health Studies) particularly ...