Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP)
Vol. 1 No. 1 (2022): September 2022

Sosialisasi Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Marlina HK (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan)
Rofi Shafwan (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan)
Muhammad Hafiz Fathony (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna dan meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam bentuk sosialisasi model pembelajaran, yaitu model pembelajaran kooperatif. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di SDN Mangkauk 3 Kabupaten Banjar. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 08 September 2022 dengan melibatkan seluruh guru yang terdapat di sekolah tersebut dengan jumlah 11 orang. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mensosialisasikan atau memberikan pemahaman tentang penerapan model pembelajaran kooperatif dalam proses pembelajaran di kelas, dan dapat meningkatkan motivasi bagi guru-guru dalam hal melakukan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Materi yang dipaparkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Course Review Horray.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP) is a forum for publication of the results of community service carried out by researchers, academics, and the wider community. The JPP journal aims to explore the problems and solutions faced by the Indonesian people in achieving prosperity. JPP Journal is an online ...