Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 2 No 1 (2018): Januari - April 2018

PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT IM3 PRABAYAR DI DESA SANGKANHURIP KABUPATEN BANDUNG

Asep Suwarna (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan bisnis industri telekomunikasi dari waktu ke waktu yang semakin ketat, sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah “Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Indosat IM3 Prabayar di Desa Sangkanhurip”. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen melakukan loyalitas pelanggan terhadap produk IM3 khususnya pada Pelanggan yang menggunakan produk IM3 di Desa Sangkanhurip.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh setiap variabel, kualitas produk (X) terhadap loyalitas pelanggan (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 31 orang responden pengguna produk IM3 di Desa Sangkanhurip dengan mengunakan metode Kuota Sampling dan purposive sampling.Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, Uji Normalitas, uji hipotesis lewat uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear Sederhana yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan Uji Normalitas diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 4,587+0,655 Hasil analisis mendapatkan bahwa kualitas produk, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen loyalitas pelanggan. Angka Adjusted R square sebesar 0,67 menunjukkan bahwa 67% variasi loyalitas pelanggan bisa dijelaskan oleh variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 33 % dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...