Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 3 No 2 (2019): Mei-Agustus 2019

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS MENURUT PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP

Arie Noviana Suhada (Unknown)
Yayan Sofyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kestrategisan Lokasi Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap RS Muhammadiyah Bandung” Untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kestrategisan Lokasi baik secara simultan maupun parsial Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap RS Muhammadiyah Bandung Menurut Fandy Tjiptono 2011 : 259 Kualitas adalah upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan,serta ketetapan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan pelanggan Menurut Manahan P.Tampubolon (2014 : 134) Lokasi yang strategis adalah lokasi yang dapat membentuk pelayanan yang efisien dan cepat bagi pelanggan, maupun untuk mendapatkan pelayanan dari supplier yang efisien dan cepat Sedangkan pengertian Loyalitas Pelanggan menurut Griffin (2011 : 31) adalah orang yang memiliki ciri-ciri antara lain melakukan pembelian secara berulang pada badan usaha yang sama, membeli lini produk dan jasa yang ditawarkan oleh badan usaha yang sama, memberitahukan kepada orang lain tentang kepuasan-kepuasan yang didapat dari badan usaha dan menunjukkan kekebalan terhadap tawaran-tawaran dari badan usaha pesaing. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif Verifikatif. Sampel dalam penelitian ini adalah Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung, teknik penarikan sampel yang digunakan adalah iteratif. Adapun jumlah sampel yang diteliti dari Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung berjumlah 120 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda. Lokasi memiliki pengaruh yang tidak signifikan sebesar 0,064 satuan nilai Artinya apabila terjadi perubahan sedikit saja pada variabel Lokasi, maka tidak akan langsung terjadi perubahan yang berarti pada variabel Loyalitas Pasien. Selain itu pengaruhnya tidak dapat digeneralisir terhadap seluruh populasi Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung sedangkan variabel Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 0,061 satuan nilai terhadap Loyalitas Pasein rarwat inap, Artinya apabila terjadi perubahan sedikit saja pada variabel Kualitas Pelayanan, maka akan langsung terjadi perubahan yang berarti pada variabel Loyalitas Pasien. Selain itu pengaruhnya dapat digeneralisir terhadap seluruh populasi Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung Penelitian mengenai pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Loyalitas Pasien dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: Pada umumnya penerapan Kualitas Pelayanan dan Lokasi yang dimiliki oleh Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung sudah baik dan signifikan Terdapat pengaruh signifikan antara variabel Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap variabel Loyalitas Pasien secara simultan. Terdapat pengaruh signifikan antara variabel Kualitas Pelayanan terhadap variabel Loyalitas Pasien secara parsial. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Lokasi, Loyalitas Pasien Rawat Inap

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...